Keislaman

Amalan di Hari Arafah bagi yang Tidak Berhaji

Salah satu hal yang sebagian besar umat Islam dambakan dalam kehidupan adalah kesempatan untuk menunaikan ibadah haji. Perkara ini tak hanya merupakan satu di antara rukun Islam saja tapi juga kebaikan yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala pada hamba-Nya yang terpilih. Namun, tentu saja tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama untuk melaksanakan ibadah haji. Selain membutuhkan biaya perjalanan yang tidak sedikit, menunaikan haji membutuhkan kekuatan fisik yang mumpuni.

Lantas, apa yang bisa dilakukan oleh umat Islam jika hingga saat ini belum berkesempatan mencapai puncak ibadah haji, yakni Wukuf di Arafah? Sejatinya, ada banyak amalan yang bisa kita lakukan untuk memperingati hari Arafah meski tidak berhaji. Salah satunya adalah dengan memperbanyak doa. Hal ini sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rauslullah shallallâhu ‘alaihi wasallam pernah bersabda yang berbunyi sebagai berikut ini,

Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah.” (HR Tirmidzi nomor 3585)

Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam kepada umatnya, beliau berpesan bahwa doa di hari Arafah adalah sebaik-baiknya doa. Maka dari itu, beliau shallallâhu ‘alaihi wasallam juga menyarankan kita untuk dapat memperbanyak doa di hari istimewa ini. Bukan tanpa alasan, pasalnya Allah Subhanahu wa Ta’ala sudah pasti mengabulkan setiap doa yang dihajatkan hamba-Nya pada hari Arafah. Hal ini terbukti melalui kekaguman Allah terhadap hamba-Nya yang memohon ampun sehingga Dia berhak membanggakannya kepada para malaikat.

Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam bersabda,

Sesungguhnya Allah berbangga kepada para malaikat-Nya pada sore Arafah dengan orang-orang di Arafah, dan berkata: ‘Lihatlah keadaan hambaku, mereka mendatangiku dalam keadaan kusut dan berdebu’.” (HR Ahmad)

Waktu Arafah adalah waktu yang utama dan dikenal sangat mustajab untuk memanjatkan doa. Umat Islam dianjurkan untuk dapat memperbanyak permohonan ampun juga hajat yang dibutuhkan. Allah Subhanahu wa Ta’ala sudah pasti akan mengabulkan doa-doa tersebut. Meski sejatinya kita tidak sedang berkesempatan menunaikan ibadah haji, namun manfaatkanlah waktu yang sama untuk berdoa. Panjatkan segala bentuk doa yang kita inginkan dan harapkan. Semoga doa kita menjadi bagian dari perhatian Allah sehingga Dia segera mengabulkannya.

Related Articles

Back to top button