Pendidikan

Alasan Utama Mengapa Kita Dianjurkan Mencari Pengalaman Kerja

Mencari pekerjaan belakangan ini bukanlah perkara mudah. Latar belakang pendidikan sering kali tidak lagi menjadi poin utama dari kriteria pekerja yang diminati. Sebaliknya, pengalaman dan keinginan untuk bekerja maksimal menjadi alasan yang justru menarik perusahaan pencari karyawan. Maka dari itu, mereka yang baru saja akan memulai karir terutama para fresh graduate disarankan untuk mencari atau menambah pengalaman. Salah satu cara yang dianjurkan adalah dengan mengikuti aktifitas magang.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menganjurkan umatnya untuk dapat selalu memperkuat dasar ilmu yang dimilikinya. Aktifitas magang tak hanya memberikan pengalaman saja tapi juga kesempatan untuk terjun langsung mempelajari hal-hal yang terjadi dalam ruang lingkup pekerjaan. Hal ini juga merupakan salah satu dari manfaat yang bisa kita terima dari aktifitas magang. Hal serupa juga menjadi perkara yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya beliau bersabda,

Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu,” (HR. Ahmad)

Aktifitas magang memungkinkan kita untuk memiliki kesempatan mempelajari hal baru dalam dunia kerja. Bahkan, seseorang dapat mengenal jenis pekerjaan yang diminati dengan praktek langsung pada tempatnya. Hal ini memungkinkan kita memeroleh pengalaman tentang dunia kerja terkait. Tidak hanya itu, orang-orang yang mengikuti magang biasanya juga akan mendapatkan kepercayan diri yang lebih baik. Hal ini lantaran pengalaman yang mereka peroleh dapat menjadi bekal saat memasuki dunia kerja yang sebenarnya.

Di sisi lain, magang juga memungkinkan kita untuk mengenal lebih banyak orang. Hal ini dapat membawa manfaat baik bagi diri kita salah satunya adalah memperluas jaringan. Koneksi dengan orang lain dan orang-orang yang telah berpengalaman dalam bidangnya membanyu kita untuk mempelajari keuntungan juga kerugian dari pekerjaan yang kita minati. Tidak hanya itu, hubungan yang terjalin ini tak hanya dapat meningkatkan pengalaman saja tapi juga informasi dan peluang lowongan kerja. Jadi, masih ragukah untuk mengikuti aktifitas ini?

Related Articles

Back to top button