Keislaman

Alasan Utama Anjuran Sholat Di Rumah bagi Wanita

Sholat fardhu menjadi kewajiban bagi seluruh umat Islam. Perkara ini adalah perintah utama yang Allah Ta’ala turunkan bagi manusia. Maka dari itu, mendirikan sholat dianggap pula sebagai tegaknya tiang agama. Terkait kewajiban ini, begitu banyak anjuran untuk melaksanakan sholat fardhu secara berjamaah di masjid. Bukan tanpa sebab, pasalnya sholat berjamaah menawarkan pahala yang lebih utama yakni hingga dua puluh tujuh derajat.

Begitu menggiurkannya pahala dari sholat berjamaah hingga seluruh umat Islam ingin mendapatkannya. Tak hanya laki-laki, kaum wanita pun melakukan anjuran serupa agar bisa mendapatkan pahala besar tersebut. Namun, tahukah Sahabat bahwa sejatinya sholat di rumah lebih utama bagi wanita ketimbang melaksanakannya di masjid? Tepat sekali, meski sejatinya tidak dilarang namun para wanita lebih dianjurkan untuk menunaikan sholat di rumah.

Hal ini sesuai dengan yang diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda,

Shalat seorang wanita di rumahnya lebih utama baginya dari pada shalatnya di pintu-pintu rumanya, dan shalat seorang wanita di ruang kecil khusus untuknya lebih utama baginya daripada di bagian lain di rumahnya” (HR. Abu Daud no. 570)

Rasulullah kepada para umatnya menyatakan bahwa wanita terbilang utama jika melaksanakan sholat fardhu di rumahnya. Hal ini dinyatakan bukanlah tanpa sebab. Seperti yang kita ketahui bahwa wanita sangatlah mulia di mata Islam. Demi menjaga kemuliaan mereka, Islam menganjurkan mereka untuk senantiasa beribadah kepada Allah Ta’ala dengan tetap menjaga aurat. Dalam hal ini, melaksanakan sholat di rumah adalah hal terbaik yang bisa dilakukan wanita.

Sejatinya, tak perlu ragu dengan pahala yang akan diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bukan tanpa alasan, pasalnya meski sholat di rumah dan sendirian, wanita tetal mendapatkan pahala setara dengan dua puluh lima derajat. Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda,

Shalatnya seorang wanita sendirian menyamai shalatnya dalam berjamaah dengan dua puluh lima derajat” ( HR. Ad Dailami)

Wanita yang sholat di rumah, ia tak hanya tengah menunaikan perintah Allah saja. Mereka sejatinya juga sedang berusaha menjauhkan diri dari dosa atau pandangan yang menghadirkan maksiat. Bukan tanpa sebab, pasalnya seluruh bagian tubuh wanita kecuali wajah dan telapak tangan adalah aurat. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga aurat tersebut. Menunaikan sholat fardhu di rumah bagi wanita lebih utama dari pada mereka harus pergi ke masjid. Begitulah sejatinya cara Allah memuliakan wanita.

Related Articles

Back to top button