Tips

4 Tips Memilih Hewan Sembelihan Untuk Memaksimalkan Pahala Qurban

Selain memerhatikan usia dari hewan sembelihan, sebelum berqurban kita juga dianjurkan untuk dapat memastikan kondisi dari hewan-hewan tersebut. Ternak sembelihan hendaknya harus dalam keadaan yang sehat dan prima. Namun, tentu saja kondisi ini menentukan harga dari hewan sembelihan itu sendiri. Semakin baik kondisi hewan maka biaya yang harus kita keluarkan pun untuk berqurban akan semakin tinggi.

Terkait hal ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memahami bahwa tidak semua umatnya memiliki kemampuan yang sama dalam memeroleh hewan qurban. Maka dari itu, untuk memudahkan pelaksanaannya sekaligus menyemangati umat Islam dalam berqurban memilih hewan sembelihan tidak diwajibkan yang mahal namun harus dapat melewati beberapa persyaratan terkait kondisi yang tidak diperbolehkan bagi hewan qurban.

Dari al-Barra bin Azib radliyallâhu ‘anhu ia berkata bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdiri di tengah-tengah kami dan berkata,

Ada empat cacat yang tidak dibolehkan pada hewan qurban: buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya, sakit dan tampak jelas sakitnya, pincang dan tampak jelas pincangnya, sangat kurus sampai-sampai seolah tidak berdaging dan bersum-sum.” (HR. Tirmidzi)

Hadist di atas menjelaskan tentang kondisi dari hewan qurban yang harus dihindari. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpesan bahwa hendaknya umat Islam memerhartikan empat cacat dari hewan sembelihan yang akan dibeli. Pertama, tidak diperkenankan memilih hewan yang buta sebelah dan jelas sekali terlihat kebutaannya. Sementara itu, kita juga dilarang memilih hewan qurban yang sakit dan tampak dengan sangat jelas sakitnya.

Ketiga, hewan ternak yang pincang dan tampak dengan sangat jelas pincangnya juga tidak diperkenankan untuk disembelih. Yang terakhir dan tidak kalah penting, umat Islam dilarang memilih hewan qurban yang sangat-sangat kurus sehingga tampak tidak berdaging atau bahkan memiliki sum-sum pada tulangnya. Seluruh kondisi cacat ini hendaknya menjadi perhatian besar bagi umat Islam yang ingin menunaikan ibadah qurban. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala mempermudah jalan bagi kita untuk bersedekah.

Related Articles

Back to top button