Zakat

4 Amal Perbuatan yang Mampu Memudahkan Tercapainya Surga bagi Umat Islam

Kehidupan akhirat sejatinya merupakan perkara yang kekal. Hal tersebut membuat seluruh umat Islam berlomba-lomba untuk bisa memeroleh Surga sebagai kehidupan akhirat yang menjanjikan. Namun, tak banyak yang tahu bahwa tiket menuju Surga tak bisa didapatkan dengan bersantai-santai saja selama di dunia. Umat Islam diwajibkan terhadap empat perkara yang mampu memudahkan jalan mereka menuju Surga kelak. Dari Abu Ayyub radhiyallahu ‘anhu ia berkata bahwa ada seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam dan bertanya,

‘Beritahukan kepadaku tentang amal perbuatan yang dapat memasukkan aku ke dalam Surga.’ Lalu beliau bersabda,

Sembahlah Allah dan janganlah kamu menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan sambunglah silaturahim.” (HR Bukhari dan Muslim)

Hadist di atas menjelaskan tentang empat amal perbuatan yang dapat menjadi sebab utama seseorang mendapat kehidupan akhirat yang bahagia. Pertama, meyakini keberadaan Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah perkara yang tetap. Tidak ada hal yang dapat menggantikan keutamaan dari perkara ini. Tidak hanya itu, kita juha diwajibkan untuk dapat menjauhkan diri segala hal yang mampu membuat diri kita mempersekutukan Allah. Bukan tanpa sebab, pasalnya ada banyak hal sepele yang bisa mengecoh kita dari keyakinan pada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Selanjutnya, kehidupan Surga yang menjanjikan juga harus ditebus dengan bukti ketaatan kita pada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mendirikan sholat adalah poin utama dari bukti ketaatan hamba pada Rabb-nya. Selain itu, umat Islam juga diwajibkan untuk menunaikan zakat. Zakat adalah cara yang dianjurkan bagi kita untuk membersihkan harta titipan Allah. Dengan senantiasa menunaikan zakat dapat membantu diri kita terhindar dari godaan memanfaatkan harta pada jalan yang tidak tepat.

Sementara, amal perbuatan terakhir yang dapat menjadi sebab utama seseorang mendapat kehidupan akhirat yang bahagia adalah senantiasa menyambung silaturahim. Hubungan antara seseorang dengan keluarganya adalah hubungan yang sangat utama. Umat Islam diwajibkan untuk dapat menjaga hubungan tersebut. Saling berkabar dan mengunjungi satu sama lain adalah cara yang dianjurkan untuk dapat memelihara silaturahim di antara mereka. Dengan terpeliharanya hubungan ini memungkinkan kita menuju Surga dengan lebib mudah.

Related Articles

Back to top button