Tips

3 Tips Mendapatkan Penampilan Menawan Sesuai Anjuran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam

Memiliki penampilan yang baik dan wajah yang sedap dipandang tentu saja menjadi keinginan setiap orang. Bagaimana tidak? Dengan berpenampilan maksimal sangat memungkinkan bagi kita untuk dapat memiliki kehidupan yang baik. Selain networking yang semakin meluas, kita juga akan memiliki kepercayaan yang semakin baik terhadap diri sendiri. Tentu saja hal ini dapat menjadi poin pendukung untuk melakukan banyak aktifitas bagi diri sendiri mau pun orang lain. Meski pun demikian, penampilan yang optimal sejatinya tidak bisa didapatkan begitu saja. Dibutuhkan beragam upaya untuk mewujudkannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun melakukan hal serupa. Namun, perlu diketahui bahwa upaya yang dilakukan beliau tidak menentang syariat Qur’an dan juga tidak dilakukan secara berlebihan. Oleh karena itu, tak perlu berlama-lama lagi, berikut tips untuk mendapatkan tampilan menawan sesuai dengan anjuran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

Senantiasa menjaga wudhu

Salah satu hal yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk menjaga penampilannya tetap maksimal terutama dalam beribadah adalah menjaga wudhu. Wudhu sendiri merupakan langkah untuk membersihkan diri kita dari najis dan kotoran. Sebagian besar gerakan wudhu didominasi dengan aktifitas membasuh. Hal ini tentu saja membantu bagian-bagian tubuh kita tetap bersih dan terjaga kesehatannya terutama wajah. Menjaga wudhu pun memiliki keutamaan sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajah dan badannya bercahaya) karena bekas wudhu, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran, hendaklah ia melakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berusaha menjalankan qiyamul lail

Setelah senantiasa menjaga wudhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga merawat penampilannya dengan mendirikan qiyamul lail. Qiyamul lail atau yang kita ketahui juga dengan sholat malam adalah bentuk ibadah sunnah yang sangat dianjurkan pelaksanaannya. Bagaimana tidak? Di sepertiga malam terakhir Allah Subhanahu wa Ta’ala turun dan mendengarkan doa hamba-Nya. Dia pun berjanji akan mengabulkan setiap hajat yang diinginkan hamba-Nya. Kedua hal ini tentu saja menjadi alasan dari energi positif yang kita dapatkan. Maka dari itu, penampilan kita pun menjadi semakin maksimal. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR. Ibnu Majah)

Menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan sederhana

Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu hal yang mendukung terwujudnya penampilan yang maksimal adalah dengan menjaga kesehatan badan. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk dapat menerapkan gaya hidup sehat dengan menghindari diri dari begadang, hal-hal yang mengundang stress, juga makanan yang tidak sehat. Tepat sekali, makanan dan minuman menjadi salah satu alasan utama terwujudnya kesehatan diri. Tubuh yang sehat akan terlihat dari tampilan wajah yang menawan. Menjaga pola makan tetap sederhana juga dapat menghindari diri kita dari berbagai macam kemungkinan datangnya penyakit, terutama penyakit hati.

Dari Hudzaifah, ia berkata bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Orang yang sedikit makanannya, akan sehat perutnya dan bening hatinya. Sedangkan, orang yang banyak makannya, perutnya akan sakit dan keras hatinya.”

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penampilan menawan yang maksimal. Semoga bermanfaat Sahabat Dermawan sekalian.

Related Articles

Back to top button