Keislaman

3 Hal Mendasar tentang Islam yang Harus Diketahui Anak Sedini Mungkin

Selain merupakan amanah, anak juga berperan sebagai keturunan yang akan meneruskan garis keluarga seseorang. Oleh karena itu, banyak orang tua yang mengharapkan putra putri mereka tumbuh dengan baik, sehat, dan berlatar pendidikan yang tepat. Namun, hal tersebut tidak bisa didapatkan begitu saja. Dibutuhkan upaya yang harus dilakukan orang tua agar para anak tumbuh baik sesuai harapan masing-masing.

Jika berbicara tentang tumbuh kembang anak sesuai dengan syariat Islam, tentu saja kita wajib berpatokan pada sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Menurut beliau, anak-anak harus dididik dengan tiga perkara dasar. Hal ini sebagaimana diketahui dari Ali radhiyallahu ‘anhu yang berkata bahwasanya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Didiklah anak-anak kalian dengan tiga macam perkara yaitu mencintai Nabi kalian dan keluarganya serta membaca Al-Qur’an, karena sesungguhnya orang yang menjunjung tinggi Al-Qur’an akan berada di bawah lindungan Allah, diwaktu tidak ada lindungan selain lindungan-Nya bersama para Nabi dan kekasihnya.” (HR. Ad-Dailami)

Hadist di atas menjelaskan tentang pesan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam kepada sahabat dan umatnya dalam mendidik buah hati. Beliau menyampaikan bahwa anak-anak sedini mungkin harus diperkenalkan kepada Rasulnya, yakni Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam. Bukan tanpa alasan, pasalnya Rasulullah adalah suri tauladan yang diutus Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk mendampingi kehidupan umat Islam.

Segala hal yang dilakukan oleh Rasulullah sudah pasti sesuai dengan syariat agama Islam. Tak hanya itu, dalam upaya untuk menanamkan kecintaan anak-anak pada Rasul mereka, orang tua juga wajib memperkenalkan keluarga Rasulullah. Hal ini membantu buah hati untuk dapat mengenal lebih dalam Rasul mereka melalui kehidupan dan keluarganya. Dengan begitu, para anak-anak mampu mencontoh kebiasaan-kebiasaan baik dari Rasulullah sehingga mampu menerapkannya di kehidupannya sendiri.

Terakhir dan tak kalah penting, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam juga berpesan bahwa hendaknya anak-anak diperkenalkan dan diajarkan al-Qur’an sejak dini. Seperti yang kita semua pahami, al-Qur’an adalah mukjizat terbesar Rasulullah dan menjadi pedoman terbaik bagi umat Islam. Mempelajari al-Qur’an menawarkan keutamaan, salah satunya akan mendapatkan perlindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala agar terselamatkan dari siksa di hari akhir. Itulah tiga hal dasar yang sebaiknya dapat diajarkan kepada buah hati sedini mungkin.

Related Articles

Back to top button