Tips

Tips Menyelami Hobi Baru yang Bantu Borong Pahala Amal

Kehidupan dunia sering kali menawarkan banyak tantangan dan juga hal baru untuk dilakukan. Bagaimana tidak? Kondisi negara kita yang teramat luas dilengkapi dengan budaya dan sifat masyarakatnya yang beraneka ragam membuat kita selalu ingin mengenal lebih dalam tentang dunia ini. Meski pun demikian, umat Islam dianjurkan untuk dapat memilih perkara yang tepat untuk diselami. Bahkan, alangkah lebih baik lagi jika perkara yang kita pilih adalah yang dapat mengantarkan pahala dan Surga. Salah satunya adalah dengan senantiasa mempelajari al-Qur’an sekaligus mengamalkannya.

Dari Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu ia berkata bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Yang terbaik di antara kamu sekalian adalah yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an.” (HR. Al-Bukhari)

Al-Qur’an merupakan satu-satunya pedoman terbaik bagi umat Islam. Mempelajari al-Qur’an berarti kita berusaha untuk dapat senantiasa memanfaatkan syariat dalam menjalankan hidup di dunia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahkan mengisyaratkan bahwa mengamalkan Qur’an adalah langkah utama yang bisa kita lakukan untuk menjadi sosok terbaik di antara umat Islam lainnya. Mengamalkan Qur’an sendiri bukanlah sekedar perkara memahami isinya saja. Kita dianjurkan untuk membawa Qur’an dalam aturan hidup yang kita jalani.

Tidak hanya itu, sebagai umat Islam kita juga sangat dianjurkan untuk dapat berbagi ilmu yang terkandung di dalam Qur’an kepada sesama. Bukan tanpa sebab, pasalnya hal ini termasuk dalam langkah sedekah jariyah. Seperti yang kita ketahui, sedekah jariyah adalah bentuk amalan yang pahalanya akan terus mengalir. Saat ada orang yang mengamalkan ilmu Qur’an yang kita sedekahkan ini menandakan bahwa kita tengah mengumpulkan pahala jariyah dari amal indah tersebut. Begitulah sejatinya keutamaan dari mempelajari sekaligus mengamalkan Qur’an.

Related Articles

Back to top button