Infak & Sedekah

Sedekah Daging Kurban Hadirkan Kebahagiaan bagi Lansia Duafa

Kemuliaan Dzulhijjah rasanya tidak bisa diabaikan begitu saja. Bagaimana tidak? Bulan ini menjadi saat yang amat tepat untuk memperkaya berbagai amal ibadah. Bukan tanpa sebab, pasalnya Allah Subhanahu wa Ta’ala mencintai segala jenis ibadah yang dilakukan hamba-Nya baik yang wajib mau pun yang sunah. Selain puasa, ibadah lain yang tak kalah penting adalah kurban. Kurban sendiri sejatinya merupakan salah satu bentuk ketaatan hamba pada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tak hanya itu, di dalamnya terdapat makna kepedulian pada sesama. Maka dari itu, berkurban di bulan Dzulhijjah pelaksanaannya sangat dianjurkan dibanding dengan perbuatan sedekah lainnya meski jumlahnya setara.

Sayangnya, akibat beberapa kondisi seperti kurangnya kemampuan ekonomi masyarakat pada suatu daerah membuat ibadah ini cukup sulit dipenuhi. Alhasil, pemenuhan kebutuhan pangan pun menjadi cukup sulit dicapai. Seperti halnya yang dirasakan oleh Abah Karta (84) asal Cukang Lemah, Kabupaten Sukabumi, seorang lanjut usia yang belum mampu menunaikan kurban. Boro-boro untuk menunaikan ibadah tersebut, menikmati hidangan daging dalam menu hariannya pun Abah Karta tak pernah dapat merasakannya. Keterbatasan ekonomi membuat dirinya tak mampu memenuhi kebutuhan harian.

Pendapatan sebagai penjaga makam warga hanya mampu menghasilkan paling banyak dua belas ribu rupiah per harinya. Angka tersebut tentu saja tak dapat menghadirkan menu olahan daging yang nikmat untuk dikonsumsi. Maka dari itu, komunitas Wujud Aksi Nyata (WAN) menjadi jembatan bagi Sahabat DermaWAN yang ingin mewujudkan keinginan Abah Karta untuk menikmati menu olahan daging. Melalui program donasi bertajuk Sedekah Daging Kurban Hadirkan Kebahagiaan bagi Lansia Duafa, mari bantu saudara renta kita yang berada di pelosok desa untuk bisa bersama-sama merayakan hari Idul Adha dengan mengonsumsi daging. Layangkan bantuan Sahabat sekalian pada laman kami di sini. Semoga infak yang kita lakukan ini mendapat balasan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Related Articles

Back to top button