Kesehatan

Rutinitas Hidup Sehat A La Rasulullah: Menerapkan Posisi Tidur yang Tepat

Kehidupan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam begitu kaya akan manfaat. Di antara banyak manfaat tersebut, kebiasaan hidup sehatnya adalah poin yang cukup penting untuk kita tiru. Secara garis besar, cara beliau agar dapat tetap sehat adalah menghindari hal-hal yang haram dan berlebihan, termasuk dalam beristirahat.

Dalam kesehariannya, Rasulullah sedikit tidur dan banyak memanfaatkan waktunya untuk melakukan hal-hak bermanfaat. Meski pun harus beristirahat, beliau sudah tentu menerapkan posisi yang tepat. Sebagaimana diriwayatkan dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang berbunyi,

Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadist di atas dapat kita ketahui salah satu dari kebiasaan sehat yang dilakukan Rasulullah adalah menerapkan posisi tidur yang tepat. Berbaring pada sisi kanan tubuh kita adalah cara yang dianggap paling baik untuk istirahat. Bukan tanpa alasan, pasalnya terdapat manfaat yang bisa kita dapatkan agar kesehatan tubuh tetap terjaga maksimal.

Melansir GRIDHEALTH, tidur dengan posisi miring ke kanan dapat menurunkan aktifitas sistem saraf. Hal ini dapat memicu penurunan detak jantung dan tekanan darah sehingga kesehatan jantung dapat lebih terjaga. Meski pun begitu, posisi tidur memang sebaiknya harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing agar bisa memberikan dampak terbaik bagi tubuh kita.

Related Articles

Back to top button