Keislaman

Pahala Sedekah Hadir Meski dari Kebaikan Kecil

Hari Jum’at menjadi hari yang amat ditunggu – tunggu oleh umat Islam. Bagaimana tidak? Hari yang tergolong mulia ini sejatinya menawarkan berbagai kebaikan. Setiap amalan yang kita lakukan sudah Allah Ta’ala janjikan balasannya yang akan menjadi berlipat ganda. Siapa yang tak tergoda dengan keutamaan tersebut? Maka dari itu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan umat Islam untuk senantiasa memperbanyak amalan di hari Jum’at.

Tak sekedar balasan berlipat ganda, setiap amal makruf yang dikerjakan bahkan terhitung pahalanya seperti melakukan sedekah. Di antara banyak jenis amal kebajikan yang dapat kita lakukan, tersenyum dan berbagi makanan menjadi beberapa jenis sedekah yang terbilang sederhana namun sarat akan pahala. Sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Tiap-tiap amalan makruf (kebajikan) adalah sodaqoh. Sesungguhnya di antara amalan makruf ialah berjumpa kawan dengan wajah ceria (senyum) dan mengurangi isi embermu untuk diisikan ke mangkuk kawanmu.” (HR. Ahmad)

Hadist di atas menjelaskan tentang kaitan antara amal kebaikan dan sedekah. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam kepada sahabat dan umatnya beliau menyampaikan bahwa keterikatan antara amal makruf dan sedekah sangat erat. Hal ini mengandung pemahaman bahwa kebaikan apa saja yang kita lakukan selama dengan niat yang tulus ikhlas maka akan dikaruniai pahala setara dengan melakukan sedekah. Oleh karena itu, umat Islam tak perlu ragu untuk memperbanyak amalan.

Pasalnya, sesederhananya amalan tetap akan memeroleh pahala sedekah. Salah satunya adalah dengan senantiasa menyambut sahabat atau pun kerabat yang berjumpa dengan wajah yang ceria dan semringah. Meski sejatinya terdengar ringan, namun nyatanya tampilan wajah kita yang bahagia juga dapat menghadirkan kenyamanan bagi orang lain. Tak hanya itu, berbagi makanan juga merupakan amalan yang terbilang utama. Bahkan jika kita hanya memiliki sedikit hidangan, selama kita membaginya dengan niat mencapai rida Allah, maka pahala sedekah tetap bisa didapatkan.

Related Articles

Back to top button