Uncategorized

Mengenal Kewajiban Umat Muslim: Mengantarkan Jenazah Saudaranya

Adakah pahala yang begitu besar dijanjikan oleh Allah SWT dari sekedar perbuatan baik yang tergolong sederhana? Tentu, dan hal tersebut sejatinya merupakan salah satu hak sekaligus kewajiban yang harus dipenuhi oleh sesama umat Muslim. Kewajiban tersebut bahkan mampu menambah timbangan pahala kita yang nilainya sangat luar biasa.

Tepat sekali, diantarkannya jenazah seorang Muslim merupakan hak seorang Muslim atas saudaranya. Hal serupa juga merupakan kewajiban bagi seorang Muslim untuk mengantarkan jenazah dari saudara Muslimnya. Di dalam perbuatan baik ini terdapat pahala dan manfaat yang begitu besar, sesuai sabda Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam suatu hadist yang berbunyi:

“Siapa yang mengantarkan jenazah hingga menshalatkannya maka baginya pahala satu qhirath, dan siapa yang mengantarkannya hingga dimakamkan maka baginya pahala dua qhirath”, beliau ditanya: “Apakah yang dimaksud qhirath?”, beliau menjawab: “Bagaikan dua gunung yang besar“ (HR. Bukhori dan Muslim)

Hadist di atas menerangkan tentang keutamaan mengantarkan jenazah bagi seorang Muslim terhadap saudara Muslim lainnya. Meski terdengar sederhana, namun nyatanya perbuatan ini memiliki manfaat yang luar biasa. Ya, pahala yang kita dapatkan bahkan setara dengan dua gunung yang besar. Sungguh Allah SWT Maha Pengasih, maka apa alasan bagi kita untuk tidak menunaikan kewajiban sebagai seorang Muslim?

Related Articles

Back to top button