Keislaman

Memahami Keutamaan Menjaga Wudhu: Mendapatkan Rumah di Jannah

Setiap amal saleh yang dilakukan manusia, khususnya umat Muslim tentu akan membawa keberkahan bagi dirinya. Besar atau kecilnya sebuah amal tak menjadi persoalan selama kita ikhlas dalam melakukannya. Hal yang sama juga bisa kita peroleh dari perbuatan menjaga sekaligus menyempurnakan wudhu. Kali ini, tak hanya sekedar pahala tapi juga rumah indah di Jannah memiliki peluang besar untuk bisa kita dapatkan.

Sebagaimana dalam suatu hadist, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

”Tak seorang hamba Muslim pun yang berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya, lalu shalat dengan niat ikhlas karena Allah setiap hari 12 rakaat, melainkan Allah pasti akan membangunkan baginya sebuah rumah di Jannah.” (HR. Ahmad)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu keutamaan memelihara wudhu bagi diri kita. Perbuatan amal ini sejatinya terbilang mudah dilakukan, namun mampu membuahkan keuntungan yang luar biasa. Salah satu keuntungan tersebut adalah mendapatkan rumah di Surga nanti. Tepat sekali, rumah adalah sebuah tempat untuk berlindung dan juga berdiam diri. Memiliki rumah sama artinya dengan memiliki kehidupan. Apalagi jika kita mendapatkannya di Surga, tentu akan terasa sangat nyaman dan menyenangkan.

Namun tak semua orang mampu memiliki kesempatan yang sama. Allah Subhanahu wa Ta’ala menjanjikan hamba- Nya rumah di Jannah bagi mereka yang pandai menyempurnakan wudhu lalu melengkapinya dengan sholat dan niat ikhlas karena Allah. Begitulah sejatinya ganjaran yang akan diberikan bagi mereka yang senantiasa menjaga amal baik ini. Meski sejatinya ringan dilakukan namun tak semua orang memiliki keinginan untuk dapat membiasakannya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa orang yang senang menjaga wudhu akan mendapatkan keistimewaan.

Related Articles

Back to top button