Uncategorized

Kriteria Waktu Terbaik Sedekah: Saat Ada Kerabat yang Memendam Permusuhan

Sedekah sejatinya dapat dilakukan kapan saja. Namun, ada beberapa waktu yang disinyalir merupakan saat yang tepat bagi kita untuk menunaikannya. Salah satu waktu yang utama untuk bersedekah adalah ketika kita mengetahui ada kerabat yang memendam permusuhan. Meski terbilang sulit dimengerti, namun nyatanya Rasulullah Muhammad SAW pun juga menganjurkan hal serupa.

Sebagaimana dalam suatu hadist beliau pernah bersabda:

“Sedekah yang paling utama adalah sedekah kepada kerabat yang memendam permusuhan.” (HR Ahmad dan Thabrani dalam al-Kabir, Shahihul Jami’ No. 1110)

Hadist di atas meriwayatkan tentang keutamaan menunaikan sedekah ketika kita mengetahui ada kerabat yang memendam permusuhan. Permusuhan sendiri merupakan hal yang terjadi lantaran adanya kesalah – pahaman antar dua atau beberapa pihak. Kondisi ini jika tidak segera diluruskan tentu akan berdampak pada hal yang lebih mendalam, sebagai contoh timbulnya fitnah.

Oleh karena itu, dibutuhkan kerelaan dari salah satu atau pun ke dua belah pihak untuk bisa kembali memperbaiki keadaan seperti semula. Salah satu caranya adalah dengan bersedekah. Ya, sedekah yang diniatkan untuk tujuan baik akan memeroleh ridha Allah SWT. Perbuatan ini juga diharapkan dapat memendam amarah yang terlanjur tercipta.

Bukan tanpa alasan, pasalnya ada kebaikan tersendiri yang didatangkan dari sedekah. Sedekah sama dengan berbagi. Di dalamnya terkandung perasaan kasih dan sayang dari yang memberi. Oleh karena itu, perbuatan baik ini sangat dianjurkan untuk dilakukan sebagai cara menyudahi perselisihan. Dengan begitu, rasa permusuhan yang timbul pun dapat secara perlahan hilang dan melunak.

Related Articles

Back to top button