Kesehatan

Istinsyaq, Gerakan Wudhu Nan Kaya Manfaat Penyempurna Upaya Bersuci Diri

Berwudhu merupakan kegiatan wajib yang dilakukan sebelum memulai sholat. Tujuannya adalah untuk mensucikan diri kita dari berbagai jenis najis, baik yang terlihat maupun tidak. Wudhu juga menjadi salah satu syarat sah dan diterimanya sholat kita. Maka dari itu, kegiatan ini memang memerlukan perhatian yang besar dalam ketepatan pelaksanaannya. Meski sebagian besar gerakan wudhu didominasi dengan cara membasuh, namun sejatinya ada bagian dari tubuh kita yang memerlukan pembersihan dengan cara yang lebih baik lagi, yakni hidung.

Gerakan wudhu pada bagian hidung mungkin saja terlihat sederhana bagi sebagian orang. Sayangnya, hal tersebut bukanlah cara yang tepat untuk membersihkan anggota badan tersebut. Istinsyaq atau yang dikenal juga dengan upaya menghirup air ke lubang hidung adalah cara membersihkan hidung yang sebenarnya lebih dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam saat berwudhu. Sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Jika salah seorang di antara kalian berwudu, maka hendaklah ia menghirup air ke lubang hidungnya (Istinsyaq), lalu ia keluarkan (instintsar).” (HR. Muslim)

Istinsyaq sendiri adalah kegiatan menghirup air ke lubang hidung lalu dikeluarkan kembali pada saluran yang sama. Cara melakukannya dianjurkan hingga kita seperti merasa akan tersedak. Tujuannya adalah agar air wudhu dapat membersihkan saluran pernapasan atas. Seperti dilansir melalui detikhealth, medis istinsyaq disebut juga nasal irrigation. Kegiatan menghirup air ini dapat membantu rongga hidung tercuci bersih dari segala macam kotoran, debu, bakteri, virus, atau pun kuman yang sempat terhirup saat kita bernapas.

Dengan senantiasa merutinkan gerakan istinsyaq, diharapkan kita bisa terhindar dari kemungkinan tertularnya penyakit melalui salurn pernapasan atas. Selain dapat mendatangkan manfaat kesehatan, istinsyaq juga menjadi tanda bahwa kita telah menjalankan tahapan bersuci yang benar. Hal ini tentu saja mendukung pelaksanaan sholat kita semakin sempurna. Allah Subhanahu wa Ta’ala juga akan memberikan balasan yang setimpal akan usaha kita dalam menjaga kebersihan diri sebelum menghadap dan memohon kepada-Nya.

Related Articles

Back to top button