Ramadhan

Doa Berbuka Puasa Ramadhan Bentuk Syukur pada Nikmat Allah Ta’ala

Berbuka puasa tentu saja menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Bagaimana tidak, setelah seharian penuh menahan diri dari segala hal yang membatalkan, kini rasa lapar dan dahaga tersebut dapat segera mungkin diakhiri. Sayangnya, antusiasme berbuka yang begitu tinggi sering kali membuat kita lupa diri hingga lupa mensyukuri nikmat yang Allah Ta’ala beri.

Pada kenyataannya, ibadah puasa adalah ditujukan untuk Allah sehingga besar kewajiban kita untuk mengharapkan ridha kepada-Nya. Maka dari itu, agar puasa yang dijalankan membuahkan berkah patut bagi kita untuk mengucap syukur melalui serangkaian doa. Berikut beberapa pilihan doa berbuka puasa yang bisa kita ucapkan sesuai dengan anjuran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Telah hilang dahaga, basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan jika Allah menghendaki.” (HR. Imam Abu Dawud dan Imam al-Nasai)

dalam hadist yang lain,

Untukmulah aku berpuasa, dan atas rizkimu aku berbuka.” (HR. Imam Abdullah bin Mubarak, Imam Ibnu Abi Syaibah, Imam Abu Dawud dan Imam al-Baihaqi)

dan dalam hadist yang lain,

Segala puji milik Allah yang menolongku maka aku dapat berpuasa dan memberiku rizki maka aku bisa berbuka.” (HR. Imam Sunni dan Imam al-Baihaqi)

Berdoa adalah bentuk pengharapan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Hal ini bahkan semakin dianjurkan pelaksanaannya ketika kita telah menyelesaikan kewajiban berpuasa. Bukan tanpa alasan, meski sejatinya kita telah berupaya besar namun tetap saja manusia tempatnya khilaf. Sehingga besar sekali kemungkinan bagi kita merusak pahala puasa dengan kekesalan yang tidak disengaja. Membaca doa setelah berbuka puasa juga menjadi upaya agar Allah menerima amal ibadah kita.

Related Articles

Back to top button