Uncategorized

Berkaca pada Kehidupan Dhuafa Bantu Kita Agar Lebih Mudah Bersyukur

Dalam setiap kebutuhan hidup yang serba dipenuhi oleh Allah SWT, sejatinya ada hak bagi kaum dhuafa di dalamnya. Ya, hak tersebut perlu diberikan secara layak dengan niat semata – mata hanya untuk mensyukuri semua pemberian – Nya. Hal ini sejatinya, merupakan salah satu perkara yang sangat dianjurkan oleh  Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Dalam suatu hadist, beliau diketahui pernah bersabda:

“Lihatlah kepada orang yang lebih rendah dari kalian dan janganlah memandang kepada orang yang lebih tinggi dari kalian, sebab hal itu lebih baik agar kalian tidak menghina nikmat Allah”. (HR. Bukhari & Muslim)

Hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan menyantuni kehidupa kaum dhuafa. Rasulullah melalu sabdanya menganjurkan kita untuk senantiasa memandang ke arah orang – orang fakir dan miskin. Hal ini sejatinya membantu sekaligus mempermudah kita dalam mensyukuri setiap nikmat yang Allah SWT berikan. Bagaimana tidak? Segala macam keterbatasan dapat kita saksikan dari kehidupan dhuafa.

Tentu jika kita membandingkan kehidupan mereka dengan kehidupan yang kita jalani, terdapat banyak hal yang mungkin belum tentu dapat kita terima apa adanya. Oleh karena itu, sudah sepatutnya bagi kita untuk dapat berkaca sesering mungkin pada kehidupan kaum dhuafa guna menjauhkan diri kita dari sifat buruk yang berujung pada kufur terhadap nikmat Allah SWT. Naudzubillah min zalik.

Related Articles

Back to top button