Keislaman

Alasan Utama Mengapa Waktu Ashar dan Subuh Dianggap Istimewa

Sholat lima waktu atau yang juga kita ketahui dengan sebutan sholat fardu adalah kewajiban bagi seluruh umat Islam. Ibadah ini tak hanya merupakan tonggak dari berdirinya agama Islam saja, tapi juga bentuk ketaatan hamba pada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sholat lima waktu juga menjadi perkara pertama yang akan dihisab di akhirat kelak. Inilah alasan di balik pentingnya menegakkan sholat fardu.

Namun, di sisi lain sejatinya ada hal istimewa yang jarang sekali disadari oleh umat Islam terkait sholat lima waktu. Ya, di antara waktu-waktu kewajiban ibadah ini ada dua waktu yang terbilang utama dan sangat rugi jika kita melewatkan kewajibannya begitu saja. Hal ini sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Malaikat malam dan malaikat siang secara bergantian menjaga kalian, dan mereka berkumpul pada waktu sholat Ashar dan juga sholat Subuh, kemudian malaikat yang menjaga kalian pada malam hari akan naik ke langit dan Allah menanyai mereka – sekali pun Dia paling tahu terhadap keadaan mereka – bagaimana kalian tinggalkan para hamba-Ku? Para malaikat menjawab, ‘Kami tinggalkan saat mereka dalam keadaan sholat, dan kami datangi mereka juga dalam keadaan sholat.” (HR. Muslim)

Hadist di atas menjelaskan tentang dua waktu yang terbilang utama dari sholat fardu. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan kepada umatnya bahwa waktu yang dimaksud tersebut adalah Ashar dan Subuh. Di dua waktu tersebut, para malaikat akan berkumpul dan secara bergantian akan menjaga hamba-hamba Allah Ta’ala yang pada saat tersebut menunaikan kewajibannya.

Sementara di malam hari, para malaikat akan naik ke langit dan Allah pun menanyai mereka tentang keadaan hamba-hamba-Nya. Di saat yang sama para malaikat menjawab bahwa mereka meninggalkan sekaligus mendatangi hamba Allah di saat mereka tengah melaksanakan sholat. Dari penjelasan tersebut dapat kita ketahui bahwa waktu Ashar dan Subuh amatlah utama. Maka dari itu, kita dianjurkan untuk tidak ketinggalan waktu tersebut.

Bukan tanpa alasan, pasalnya para malaikat akan senantiasa memberikan penjagaan sekaligus memastikan bahwa diri kita baik-baik saja. Waktu Ashar dan Subuh pun juga terbilang singkat. Inilah mengapa dua waktu tersebut sangat istimewa karena kita diharuskan mencuri waktu untuk dapat menunaikan kewajiban sholat fardu pada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Related Articles

Back to top button