Tips

3 Tips Memilih Hewan Kurban di Masa Wabah PMK

Penanganan wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) yang akhir-akhir ini menjangkit hewan ternak di Indonesia memang belum benar-benar berakhir. Meski vaksinasi telah diberikan, namun penularan yang secara cepat meluas hingga saat ini belum dapat terpantau maksimal. Hal tersebut tentu saja menimbulkan kekhawatiran pada masyarakat untuk dapat mengonsumsi daging hewan ternak.

Perasaan serupa juga pastinya dialami oleh sebagian umat Muslim yang sebentar lagi akan merayakan hari besar Idul Adha. Niat pelaksanaan ibadah kurban menjadi cukup terkendala akibat merebaknya wabah PMK. Meski sejatinya mengkhawatirkan, namun ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar dapat tetap melaksanakan ibadah kurban dengan aman dan sehat.

Berikut beberapa tips yang bisa Sahabat Dermawan manfaatkan:

Perhatikan area penjualan hewan kurban

Guna memastikan hewan kurban yang akan dibeli aman dan sehat, hendaknya kita perlu memerhatikan area penjualan sekaligus pemasok hewan kurban. Usahakan membelinya pada peternakan yang memang perawatan dan penjagaan terhadap hewan kurban selalu terpantau. Hindari penjual dadakan yang kebanyakan tidak paham betul tentang kesehatan hewan ternak.

Pastikan hewan kurban sehat dan prima

Hewan ternak yang sehat dan prima biasanya akan terlihat lincah. Nafsu makan mereka terjaga. Setiap area bagian tubuh bersih dan tidak terlihat gerak-gerik menggaruk atau menggosok. Jika hal tersebut terjadi, dapat dipastikan bahwa hewan kurban mulai terjangkit PMK. Tepat sekali, hewan yang terinfeksi wabah ini biasanya terlihat sering menggosok-gosokan bibir, kuku yang rapuh, tubuh yang lemah, tidak ada nafsu makan, hingga alami demam tinggi.

Jika memungkinkan, mintalah jaminan pada penjual

Sejatinya memang jarang sekali seseorang meminta garansi saat membeli hewan kurban. Namun, di masa wabah saat ini terlebih lagi pembelian ditujukan untuk berkurban maka tidak ada salahnya kita coba meminta garansi terhadap hewan kurban yang dibeli. Tujuannya? Tentu saja agar niat, hukum, serta pelaksanaan ibadah kurban sah sesuai syariat Islam.

Itulah beberapa tips yang bisa Sahabat manfaatkan dalam upaya membeli hewan kurban di masa wabah PMK. Buat segalanya menjadi lebih mudah dan terpantau maksimal dengan berkurban bersama Aksizakat. Prosesnya mudah, pelaksanaannya pun aman dan terjaga. Klik link di sini untuk mengetahui informasi lengkap seputar ibadah kurban yang aman dan terjamin.

Related Articles

Back to top button