Kesehatan

3 Tips Dukung Kesehatan Tubuh Agar Lancar Berhaji

Menjalankan ibadah haji bukanlah perkara yang mudah bagi beberapa orang. Selain membutuhkan biaya yang tidak sedikit, berhaji juga memerlukan kesiapan fisik dan mental yang kuat. Maka dari itu, calon jamaah haji dianjurkan untuk bisa melakukan serangkaian upaya yang bertujuan untuk memelihara kesehatan tubuh selama gelaran haji berlangsung. Upaya-upaya ini dilakukan agar ibadah pokok haji dapat dilakukan dengan tepat dan maksimal. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar selama berhaji tubuh tetap sehat dan prima.

Konsumsi asupan imbang gizi

Pelaksanaan rangkaian ibadah haji membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Jamaah haji dianjurkan untuk dapat melakukan beragam kegiatan ibadah dan kunjungan keagamaan. Hal ini tentu saja membutuhkan kekuatan fisik yang mumpuni. Maka dari itu, sebelum menjalani kegiatan-kegiatan tersebut ada baiknya jika para jamaah memenuhi terlebih dahulu nutrisi yang dibutuhkah tubuh dengan mengonsumsi asupan imbang gizi.

Hindari pemicu timbulnya penyakit

Mengingat begitu padatnya aktifitas berhaji, para jamaah juga disarankan untuk menghindari berbagai pemicu timbulnya penyakit. Bukan tanpa alasan, pasalnya kondisi tubuh setiap jamaah sangat berbeda. Ada yang memiliki penyakit bawaan ada pula yang cukup mudah terserang penyakit akibat sistem imun yang lemah. Tidak hanya itu, cuaca di Tanah Suci juga cenderung lebih panas. Kondisi ini mampu membuat tubuh para jamaah mudah lelah jika tidak pintar-pintar mengatur rencana berkegiatan.

Lengkapi segala hal yang mendukung kesehatan tubuh

Tidak ada yang dapat mengetahui kondisi seperti apa yang akan terjadi saat gelaran ibadah haji berlangsung. Cuaca pun dapat berubah seketika. Maka dari itu, jamaah haji diimbau untuk dapat mempersiapkan berbagai perlengkapan yang bertujuan untuk melindungi dan mendukung tubuh tetap prima. Bawalah payung untuk mengantisipasi cuaca yang terik. Di sisi yang lain, lengkapi juga tas kebutuhan dengan sehelai selimut saat kondisi cuaca di malam hari yang cukup dingin.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar ibadah haji berjalan maksimal.

Related Articles

Back to top button