Uncategorized

3 Keutamaan Sholat Tahajud yang Rugi Jika Disia – Siakan

Sholat lima waktu menjadi deretan ibadah wajib yang dilakukan umat Islam. Pahala melakukannya diberikan Allah SWT sebagai imbalan terhadap kepatuhan dan ketaatan perintah – Nya. Namun, seorang hamba dianggap semakin istimewa jika dalam kesehariannya mampu menyelipkan sedikit waktu untuk melaksanakan ibadah tambahan. Salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan adalah sholat tahajud.

Sholat tahajud dalam bahasa Arab dikenal dengan shalatun lail, memiliki arti sholat malam. Dapat disimpulkan sekiranya sholat tahajud merupakan bentuk ibadah sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Namun, perlu diketahui waktu malam yang dimaksud bukanlah malam biasa. Menjadi sangat utama karena dikerjakan pada sepertiga malam terakhir dimana setiap orang tengah terlelap tidur.

Allah SWT bahkan menawarkan beragam keistimewaan pada hamba – Nya yang mampu menyisihkan waktu tidur mereka untuk bersujud dan berdoa pada – Nya. Sebagaimana Ia pernah berfirman di dalam Al – Qurr’an yang berbunyi sebagai berikut:

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa – apa rezeki yang Kami berikan. Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.” (QS. As-Sajdah: 16-17)

Ayat di atas menjelaskan tentang salah satu keutamaan sholat tahajud. Allah SWT berjanji akan memberikan nikmat yang indah bahkan tanpa sedikit pun diketahui oleh hamba – Nya. Tidak hanya itu, keutamaan lain dari pelaksanaan sholat tahajud juga tertera secara jelas pada ayat di bawah ini:

“Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra 79)

Keutamaan lainnya bagi mereka yang mengerjakan sholat di malam hari adalah janji Allah SWT yang akan mengangkat derajat hamba – Nya ke tempat yang terpuji. Tentu tak ada yang berhak mendapatkannya kecuali mereka yang mengikhlaskan waktu istirahatnya untuk bermunajat pada Allah SWT. Bahkan keistimewaan sholat tahajud semakin lengkap sesuai janji Allah sebagai berikut:

Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar.” (QS. Az-Zariyat: 15-18)

Dari ayat di atas dapat kita ketahui bahwasanya orang yang gemar mendirikan sholat malam termasuk ke dalam golongan orang yang bertakwa. Mereka hanya melakukan kebajikan dan menghabiskan waktu untuk memohon ampun pada Allah SWT. Maka surga dan segala keindahan di dalamnya adalah hak bagi mereka. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang – orang yang bertakwa, aamiin.

Related Articles

Back to top button