Tips

Tips Membagikan Daging Qurban Agar Tepat Sasaran

Apakah Sahabat salah satu yang menunaikan ibadah qurban tahun ini? Alhamdulilah, Allah Subhanahu wa Ta’ala menitipkan harta-Nya kepada kita sehingga kita dapat bersama-sama menyalurkan kebutuhan pangan untuk saudara dhuafa. Meski sudah hampir setiap tahun dilaksanakan, namun tak banyak yang tahu bahwa ada aturan yang perlu diperhatikan terkait pembagian daging hewan qurban.

Selain menjadi hak bagi tiga golongan yakni shohibul qurban, fakir miskin, dan kerabat juga tentangga, daging hewan qurban harus dibagikan dalam bentuk mentah. Tujuannya adalah agar penerimanya dapat mengolah daging tersebut sesuai dengan keinginannya. Tidak hanya itu, jumlah atau berat daging harus sama. Menurut Al Buhuti, jumlah daging kurban yang layakan dibagikan adalah 1 kilo gram.

Membagikan daging pun tidak diwajibkan dilakukan di tanggal 10 Dzulhijjah. Hal ini tentu saja berkaitan dengan aktifitas pemotongan dan pengaturan yang tentunya akan memakan waktu cukup lama. Tidak hanya itu, mengatur waktu pembagian juga dapat meminimalisir terjadinya kerumunan yang mungkin menyebabkan kegaduhan. Maka dari itu, pembagian daging qurban dapat dilakukan hingga berakhirnya hari Tasyrik atau 3 hari setelah Idul Adha.

Related Articles

Back to top button