Tips

Tips Agar Senantiasa Didoakan Malaikat

Malaikat adalah salah satu ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala selain bangsa manusia, jin, dan juga makhluk hidup lainnya. Diciptakan dari cahaya membuat mereka tidak terlihat. Sikap para malaikat juga amatlah taat kepada Allah. Mereka tidak makan, minum, bahkan tidak memiliki jenis kelamin. Namun, Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk mengimani mereka sebagai tanda pengakuan kita terhadap kebesaran Allah. Maka dari itu, para malaikat menjadi kepercayaan Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk melakukan tugas-tugas terutama yang berkaitan dengan pengawasan manusia.

Begitu pentingnya kehadiran malaikat di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala hingga membuat mereka amat istimewa. Sangat istimewanya hingga doa malaikat termasuk dalam jenis doa yang sangat mustajab. Setiap permohonan yang dilakukannya pada Allah Subhanahu wa Ta’ala sudah pasti dikabulkan. Ajaibnya, para malaikat yang mendapat tugas untuk mengawasi manusia sekaligus menjadi saksi dari setiap tingkah lakunya akan dengan senang hati mendoakan manusia yang senantiasa berbuat kebaikan. Hal ini sebagaimana diketahui dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu yang berkata bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu perilaku khas dari malaikat Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para sahabat dan umatnya beliau menyampaikan bahwasanya para malaikat senang berdoa dan mendoakan manusia. Doa tersebut sering kali dimintakan untuk orang-orang yang gemar berinfak. Infak yang dimaksud adalah yang rajin memberi nafkah kepada keluarganya. Kepada orang-orang tersebut, para malaikat menjadi saksi dari kebaikan yang dilakukan sekaligus memohonkan balasan terbaik kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebaliknya, bagi orang-orang yang enggan berinfak atau memberi nafkah, para malaikat juga mendoakan yang sebaliknya yakni kebangkrutan bagi orang tersebut.

Tentu saja terkait fakta ini kita tidak boleh menganggapnya sepele. Bukan tanpa alasan, pasalnya doa para malaikat adalah doa yang pasti dikabulkan oleh Allah. Maka dari itu, jika kita ingin memeroleh atau menjadi bagian dari orang-orang yang didoakan oleh para malaikat hendaknya harus senantiasa berbesar hati memberikan nafkah dengan ikhlas kepada keluarga. Nafkah sendiri sejatinya menjadi tanggung jawab penuh seorang laki-laki. Maka, siapakah keluarga dari pihak laki-laki yang paling berhak menerima nafkahnya? Yang pertama tentu saja istrinya. Lantas jika mereka memiliki keturunan, anak-anak menjadi pihak kedua yang berhak atas nafkah. Bagi laki-laki yang sekuat tenaga memenuhi kebutuhan keluarganya ini, maka para malaikat akan selalu mendoakan dirinya agar mendapat ganti yang lebih baik dan semakin berkah.

Related Articles

Back to top button