Kesehatan

Memilih Makanan yang Tepat dan Sehat Perintah Nyata dari Allah Ta’ala

Keadaan tubuh yang sehat dan prima sejatinya membutuhkan beragam upaya untuk mendapatkannya. Sebagian besar orang berpendapat bahwa hal tersebut bisa diperoleh dengan senantiasa melakukan upaya fisik seperti berolah raga, menjaga gaya hidup tetap sehat, dan juga memelihara kesehatan mental. Ketiga hal tersebut menjadi cara-cara yang paling sering dilakukan oleh manusia modern saat ini. Sayangnya, tak banyak yang menyadari bahwa sumber dari makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh kita. Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman yang berbunyi sebagai berikut ini,

Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.” (QS Al Baqarah: 172)

Ayat di atas menjelaskan tentang perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada hamba-Nya untuk senantiasa memerhatikan sumber rezeki yang diterimanya. Umat Islam diperintahkan untuk mengelola makanan sebagai sumber utama dari kebutuhan pangan melalui rezeki yang didapatkan dengan cara yang baik-baik. Hal ini sejatinya memiliki pengertian bahwa kita hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan yang diperoleh dengan cara yang halal. Tak hanya itu, kita juga dianjurkan untuk hanya memakan makanan yang baik bagi tubuh kita. Artinya, makanan bergizi dan bernutrisi adalah bentuk makanan terbaik yang bisa kita konsumsi untuk menambah energi.

Makanan tersebut sudah pasti baik bagi tubuh kita dan telah mengandung berkah yang luar biasa. Tak hanya itu, umat Islam juga wajib menghindari diri dari mengonsumsi makanan yang diperoleh dengan cara haram. Hal tersebut diketahui sebagai alasan dari jauhnya keberkahan yang datang pada hidup kita. Menghindari mudharat dalam memilih jenis makanan juga hal yang wajib dilakukan. Makanan yang teramat pedas, yang dikonsumsi mentah, yang mengandung alkohol, atau dimasak dengan cara-cara tak masuk akan lebih baik jika kita dapat menghindarinya. Bukan tanpa alasan, pasalnya jenis-jenis makanan tersebut biasanya tak memiliki manfaat bagi tubuh kita kecuali bahaya yang luar biasa.

Related Articles

Back to top button