Pendidikan

Langkah Sederhana Membantu Buah Hati Memahami Kebaikan Islam

Berbicara tentang Islam tentu kita sering mendengar ungkapan ‘rahmatan lil alamin’. Bagaimana tidak? Allah Subhanahu wa Ta’ala menghadirkan agama ini beriringan dengan diutusnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai suri teladan bagi seluruh umat manusia. Tujuannya adalah agar Islam menjadi agama yang penuh dengan kasih sayang bagi alam semesta. Ajaran Islam ini amatlah indah. Begitu indahnya hingga kita sering kali tidak sadar seperti apa kasih sayang yang sebenarnya. Terlebih lagi jika kita telah memiliki buah hati, tentu memahami kasih sayang semakin terasa indah. Maka dari itu, hendaknya keindahan ajaran Islam harus bisa kita tanamkan sedini mungkin pada buah hati tercinta.

Lantas, hal apa yang bisa kita ajarlan pada anak-anak tentang keindahan dan kebaikan ajaran Islam. Hal ini sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

Islam manakah yang paling baik?” “Kamu memberi makan dan memberi salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal.” (Shahih Bukhari 27)

Hadist di atas menjelaskan tentang pemahaman Islam yang baik menurut Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kepada para sahabat dan umatnya beliau menyampaikan bahwa kebaikan ajaran agama Islam yang tertanam sempurna dalam diri seorang mukmin dapat terlihat jelas dari sikapnya sehari-hari. Benar sekali, sikap adalah cerminan hati. Mereka yang telah menanamkan kebaikan Islam dalam hati tentu akan menjadi orang yang gemar dal berbagi. Salah satu hal yang cukup mudah untuk diberikan adalah makanan. Maka ketika seseorang sangat suka berbagi makanan merupakan tanda dari keislaman yang tertanam dengan baik dalam hatinya.

Begitu pula dengan orang-orang yang gemar memberi salam, fakta yang sama juga menjadi jati dirinya. Salam sendiri adalah cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk mempertahankan suatu hubungan. Ketika dua orang bertemu dan saling menyapa dengan salam, dapat kita ketahui bahwa terdapat suatu kebahagiaan dalam diri mereka atas pertemuan yang terjadi. Terutama bila salah satu di antara mereka menjadi orang yang gemar memberi salam terlebih dahulu, maka ia menjadi pemicu utama dari kebaikan silaturahmi. Dengan silaturahmi yang terjalin baik maka hubungan antar umat Islam juga dapat semakin kokoh dan kuat.

Itulah sejatinya alasan dasar di balik tanda-tanda Islam yang benar. Hal yang sama juga sebaiknya dilakukan orang tua terhadap buah hati mereka. Sangat penting bagi anak-anak untuk bisa memahami ajaran Islam yang paling baik ini. Maka dari itu, orang tua perlu membiasakan diri jadi sosok yang juga gemar berbagi makanan dan memberi salam dalam keluarga kecilnya. Kebiasaan ini akan menjadi poin penting yang menarik perhatian si kecil untuk mengenal Islam lebih baik lagi. Semoga upaya sederhana kita ini dapat membuahkan hasil yang memuaskan terhadap pemahaman anak-anak pada ajaran Islam yang sebenarnya.

Related Articles

Back to top button