Infak & Sedekah

Keutamaan Bersedekah Saat Bermusuhan Mampu Redam Perselisihan

Silaturahim menjadi salah satu alasan dibukakannya jalan rejeki bagi seseorang. Bukan tanpa alasan, pasalnya Allah Subhanahu wa Ta’ala mencintai hamba-nya yang senantiasa berupaya memelihara hubungan dengan saudaranya. Hal ini bahkan semakin utama dilakukan pada saudara dari keluarha dekat yang memendam permusuhan. Untuk mengembalikan situasi hubungan menjadi sedia kala, bersedekah adalah amalan yang paling dianjurkan. Hal ini sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sodaqoh paling afdhol ialah yang diberikan kepada keluarga dekat yang bersikap memusuhi.” (HR. Ath-Thabrani dan Abu Dawud)

Kepada sahabat dan umatnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu berpesan untuk dapat senantiasa menjaga hubungan silaturahim. Hal ini semakin dianjurkan pelaksanaannya apa bila terdapat perselisihan antar anggota keluarga dekat. Silaturahim yang dimaksudkan bukanlah sekedar kunjungan biasa saja. Dalam melakukannya, hendaknya seseorang berupaya ikhlas dan tulus bahkan dianjurkan untuk dapat memberikan sedekah. Bukan tanpa sebab, pasalnya sedekah kepada kerabat yang sedang memusuhi kita diharapkan dapat meredam perselisihan yang sedang panas-panasnya.

Ya, menurut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedekah tersebut adalah bentuk pemberian yang paling afdhol. Di dalam perbuatan ini terdapat keutamaan. Selain dapat meredam perselisihan, sedekah di saat tengah bermusuhan juga diharapkan dapat menimbulkan kembali rasa cinta dan kasih antar anggota keluarga. Sedekah juga sejatinya bentuk perhatian kita pada saudara. Hal inilah yang pada akhirnya dapat mengubur kebencian yang sempat timbul. Sedekah yang diberikan ini juga harus dipastikan dapat memberikan manfaat bagi yang menerimanya.

Related Articles

Back to top button