Ramadhan

Keutamaan Berdzikir di Bulan Ramadhan Termasuk Golongan yang Peroleh Naungan Allah

Tak terasa Ramadhan telah berjalan hampir pertengahan bulan. Hal ini menandakan bahwa kita akan telah memasuki sepuluh hari kedua selanjutnya. Sebagian besar umat Islam telah kembali menyesuaikan diri dengan bulan yang suci. Ibadah puasa tak lagi terasa berat seperti di awal. Sebaliknya, kita perlu waspada jika ternyata pertengahan Ramadhan justru menjadi saat yang paling menyibukkan bagi urusan duniawi. Bukan tanpa sebab, pasalnya pertengahan Ramadhan diyakini sebagai saatnya datang Maghfirah.

Hal ini menjadi saat yang tepat bagi umat Islam untuk sebanyak mungkin memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka dari itu, hendaknya umat Islam harus mampu meluangkan sedikit waktu di tengah kesibukannya untuk setidaknya memperbanyak mengingat Allah dengan kalimat-kalimat dzikir. Bukan tanpa sebab, pasalnya ada keutamaan tersendiri bagi mereka yang senantiasa berdzikir bahkan hingga meneteskan air mata. Hal ini sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

Tujuh golongan yang akan dinaungi Allah (salah satunya) adalah seseorang yang berdzikir kepada Allah hingga meneteskan air matanya.” (Shahih Bukhari 5998)

Hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam kepada para sahabat dan umatnya menyampaikan bahwa orang-orang yang semasa hidupnya di dunia selalu berdzikir kepada Allah bahkan hingga meneteskan air mata akan senantiasa berada pada naungan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Seperti yang kita pahami, naungan Allah adalah sebaik-baiknya tempat yang bisa kita dapatkan di hari akhir. Naungan Allah memungkinkan bagi diri kita terselamatkan dari berbagai siksaan yang bermunculan di hari Kiamat.

Tentu saja, siksaan tersebut amatlah pedih. Bahkan banyak orang yang menyesali diri mereka karena tidak beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan akan ada banyak orang pula yang memperebutkan tempat terbaik ini. Namun, bagi mereka yang dalam hidupnya selalu mengingat Allah dengan ucapan-ucapan baik penuh kemuliaan, mereka tidak perlu khawatir akan datangnya siksaan di hari akhir. Hal ini terjadi lantaran Allah telah menyiapkan naungan di sisi-Nya yang dapat melindungi siapa saja hamba-Nya yang tak menyibukkan diri dengan kepentingan duniawi semata semasa usia hidupnya.

Related Articles

Back to top button