Pendidikan

Kebiasaan Mengucapkan Salam Sebelum Masuk Rumah Kunci Utama Datangnya Berkah

Keluarga merupakan tempat pertama bagi seorang anak untuk bertumbuh dan berkembang. Bagaimana tidak? Melalui keluarga, seorang anak belajar mengenal dunia. Keberadaan ibu dan ayah menjadi contoh terbaik pertama dalam kehidupan seorang anak. Oleh karena itu, pendidikan di dalam keluarga memang sangat penting. Bahkan hal tersebut mampu menentukan wujud kematangan diri seorang anak saat ia telah dewasa kelak. Di antara banyak contoh pendidikan dasar yang patut diperkenalkan orang tua kepada anak salah satunya adalah kebiasaan mengucapkan salam.

Dari Sa’id bin Musayyab, ia berkata, Anas berkata bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Hai anakku, apabila kamu masuk ke rumah keluargamu maka berilah salam, karena ia akan menjadi barakah untukmu dan untuk keluargamu”. [HR. Tirmidzi juz 4, hal. 161, no. 2841)

Hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan bagi sebuah keluarga untuk dapat membiasakan diri mengucapkan salam ketika masuk rumah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para sahabat dan umatnya beliau menyampaikan bahwa salam adalah pertanda dari berkah. Bukan tanpa alasan, pasalnya di dalam kalimat salam terdapat banyak doa. Beberapa doa yang terkandung di dalamnya adalah keselamatan, kasih sayang, dan juga kebaikan yang tak henti-hentinya. Keluarga yang terbiasa mengucapkan salam saat hendak masuk rumah berarti mereka tengah memohon ketiga hal tersebut.

Tentu saja, Allah Subhanahu wa Ta’ala tak memiliki alasan untuk tidak mengabulkan doa-doa terbaik yang dipanjatkan di dalam sebuah keluarga. Dengan senantiasa mengucapkan salam juga berarti bahwa keluarga tersebut tengah menerapkan kunci utama untuk dapat meraih hidup yang sukses dan bahagia. Semoga saja mengucapkan salam juga dapat menjadi kebiasaan dalam hidup dan keluarga kita masing-masing. Dan tentu saja, semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabulkan segala bentuk doa dan harapan yang tercurah melalui beragam kebiasaan baik yang kita lakukan termasuk melalui ucapan salam.

Related Articles

Back to top button