Kesehatan

Jadi Kebiasaan Rasulullah, Ini Dampak Baik Mengonsumsi Rutin Labu Kuning

Agar tubuh kita terjaga kesehatannya, tentu banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satu hal yang cukup dianjurkan adalah dengan menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. Para ahli kesehatan pu menyatakan bahwa pola makan yang terjaga dapat mendukung tercapainya kondisi tubuh yang sehat dan prima. Selain menghindari jenis makanan yang tak sehat, kita juga dianjurkan untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi melalui makanan kaya gizi salah satunya adalah labu.

Labu mungkin saja tidak cukup terkenal oleh kebanyakan orang untuk diolah sebagai jenis masakan. Namun, Rasulullah shallallahu ‘alaihi penyuka menu makanan yang di dalamnya terdapat labu. Hal ini sebagaimana diketahui dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu yang berkata;

Sesungguhnya Khayyath mengundang Rasulullah ﷺ untuk menyantap makanan yang dibuatnya. Anas berkata; Maka aku pun pergi bersama Rasulullah ﷺ, lalu aku melihat beliau mencari-cari labu dari sekitar piring. Maka sejak hari itu, aku pun mulai menyukai labu.” (HR. Bukhari)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu menu makanan yang digemari oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yakni labu. Tak diketahui pasti alasan utama mengapa Rasulullah menyantap labu dalam kisah yang tertera pada hadist di atas. Para ulama sepakat bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyantap labu atas dasar alasan kesehatan. Seperti dilansir melalui Alodokter, labu kuning seberat 250 gram di dalamnya mengandung 50 kalori dan berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh yakni, protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, kalium, zinc, dan juga zat besi.

Selain itu, jenis makanan ini juga mengandung vitamin B, vitamin K, folat, serta beragam antioksidan, seperti antosianin, lutein, kolin, dan juga karoten. Nutrisi-nutrisi tersebut diyakini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan yang salah satunya adalah melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, kandungan vitamin A, C, dan juga antioksidan beta karoten dalam labu pun diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Sementara, kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin di dalamnya juga disinyalir ampuh menjaga kesehatan mata. Kalium, serat, dan antioksidan dalam labu pun juga diyakini dapat menjaga kesehatan jantung. Yang tak kalah penting, mengonsumsi labu dengan rutin juga dapat menjadi cara yang tepat dalam menjaga kesehatan dan fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kualitas tidur, dan berbagai manfaat lain yang tentunya baik untuk tubuh kita.

Related Articles

Back to top button