Kesehatan

Bekam, Metode Penyembuh Anjuran Rasulullah Wasiat para Malaikat

Penyakit merupakan salah satu ujian yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala pada hamba- Nya. Ketika dilanda ujian ini, sering kali timbul perasaan tidak nyaman pada tubuh kita. Inilah yang sejatinya menjadi cara bagi Allah untuk mengampuni dosa – dosa kita semua. Meski pun begitu, Allah Subhanahu wa Ta’ala tak begitu saja membiarkan hamba- Nya menderita. Melalui Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam Ia menurunkan wahyu tentang metode yang baik dalam upaya mendapatkan kesembuhan.

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tidaklah aku melewati seorang Malaikat –ketika di Mi’rajkan ke langit- kecuali mereka mengatakan ‘Wahai Muhammad, lakukanlah olehmu berbekam.” (HR. Ibnu Majah no. 3477)

Dan dalam hadist yang lain, Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya sebaik-baik apa yang kalian lakukan untuk mengobati penyakit adalah dengan melakukan bekam.” (HR. Abu Dawud no. 3857)

Dari kedua hadist di atas dapat kita ketahui bahwasanya bekam menjadi salah satu metode penyembuhan penyakit yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Tak tanggung – tanggung, metode ini bahkan menjadi perintah langsung dari Allah pada utusannya yang disampaikan langsung melalui para malaikat. Bekam sendiri sejatinya merupakan suatu terapi pengobatan yang diyakini mampu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh.

Metode penyembuhan ini seperti dilansir melalui Alodokter melibatkan penggunaan cangkir yang terlebih dahulu dipanaskan. Kemudian cangkir tersebut diletakkan pada permukaan kulit dengan tujuan agar terjadi penyedotan di area tersebut. Beberapa saat kemudian, permukaan kulit akan menjadi merah karena pembuluh darah merespons perubahan tekanan. Namun, perlu diketahui bahwa terapi ini tak dapat dilakukan pada semua permukaan kulit. Pembekaman biasanya hanya dilakukan pada permukaan kulit area pundak.

Sayyidina Ali bin Abi Thalib berkata:

”Jibril datang kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam dengan perintah berbekam pada titik al-akhdain (urat leher) dan al-kahil (pundak),” (Ad-Dailami)

Secara umum, terapi bekam diharapkan mampu mengurangi rasa sakit dan proses peradangan di seluruh tubuh. Tidak hanya itu, metode penyembuhan ini juga dipercaya msmpu membantu tubuh dan pikiran relaks. Namun, lebih khususnya bekam sendiri merupakan pengobatan yang dianggap baik untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, migrain, depresi, kelainan darah, arthritis, eksim, varises, dan juga penyumbatan bronkus (saluran pernapasan) yang disebabkan oleh asma atau alergi.

Related Articles

Back to top button