Uncategorized

Apa Itu Sedekah???

#kawanaksi, Sedekah adalah pemberian kepada orang lain secara sukarela jika diartikan dari bahasa Arab yang berarti.Dengan kata lain, pengertian sedekah adalah pemberian cuma-cuma tanpa melihat jumlah dan waktunya.

Berbeda dengan zakat maupun infak. Zakat memiliki ketentuan tersendiri, mulai dari waktu dan takarannya. Sedangkan sedekah bisa dilakukan kapan saja jika kamu memiliki kelapangan atau kelebihan rezeki yang bisa dibagikan kepada yang membutuhkan.

Berdasarkan syariat, salah satu keutamaannya adalah menghapus dosa. Dalam sebuah hadis bahkan disebutkan bahwa perbuatan ini diibaratkan seperti air yang dapat memadamkan api.
Hal tersebut menggambarkan manfaat sedekah untuk menghapus dosa-dosa diri sendiri dan sekaligus meringankan beban orang lain.

Namun, kegiatan ini bukan hanya semata-mata menginfakan harta di jalan Allah atau menyisihkan sebagian uang pada fakir miskin, tetapi sedekah juga mencakup segala macam dzikir (tasbih, tahmid, dan tahlil) dan segala macam perbuatan baik lainnya.
Sedekah menurut KBBI berarti pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi. Pengertian secara umum shadaqah atau sedekah adalah mengamalkan harta di jalan Allah dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan, dan semata-mata mengharapkan ridha-Nya sebagai bukti kebenaran iman seseorang. Istilah lain sedekah adalah derma dan donasi.

Dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah Ayat 245 disebutkan:
“Barang siapa yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepda-Nya-lah kamu dikembalikan.”

Ayat tersebut menggambarkan bahwa sedekah memiliki makna mendermakan atau menyisihkan uang di jalan Allah swt. Memberi sedekah kepada fakir miskin, kerabat, atau orang lain yang dilakukan hanya untuk mengaharap ridha Allah maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, baik di dunia maupun di akhirat.

#kawanaksi selain sebagai bentuk amalan dan kebenaran iman seseorang terhadap perintah Allah swt, sedekah memiliki banyak keutamaan dalam pelaksanaannya antara lain:

  1. Orang yang bersedekah denga ikhlas akan mendapatkan perlindungan dan naungan Arsy di hari kiamat.
  2. Sebagai obat bagi berbagai macam penyakit, baik penyakit jasmani maupun rohani.
  3. Allah akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah, (QS. Al-Baqarah: 245)
  4. Sedekah merupakan indikasi kebenaran iman seseorang.
  5. Sebagai penghapus kesalahan
  6. Sedekah merupakan pembersih harta dan mensucikannya dari kotoran.
  7. Sedekah juga merupakan tanda ketaqwaan, (QS. Al-Baqarah: 2-3)
  8. Sedekah adalah perisai dari neraka
  9. Sebagai pelindung di Padang Mahsyar
  10. Orang yang bersedekah termasuk kedalam tujuh orang yang dinaungi di akhirat nanti.

Lebih jauh dalam memahami pengertian sedekah, barang atau apa pun yang ingin diberikan harus berasal dari sumber yang halal.

Apa pun bentuknya, harus terhindar dari hal-hal yang syubhat. Sesuatu yang bersifat syubhat berarti samar mengenai halal dan haramnya.

Oleh karena itu, tidak dibenarkan bersedekah dari uang hasil korupsi apalagi mencuri, seperti dalam film-film bertemakan perampokan dan penipuan.

Islam tidak pernah mengajarkan untuk memberikan harta yang haram atau diperoleh dengan cara-cara yang melanggar hukum agama.

Saking pentingnya, sebuah riwayat menyebutkan bahwa Rasulullah lebih senang seseorang menghindari bersedekah satu dirham yang mengandung syubhat daripada menyedekahkan seratus ribu dinar yang halal.

Maksudnya menjelaskan bahwa besar atau kecilnya pemberian tidak menjadi masalah asalkan bersumber dari cara yang dibenarkan secara syariat.

Kamu bisa menyedekahkan harta dan barang yang diperoleh dari rezeki yang halal.

Jika kamu ingin menyedekahkan tenaga, baiknya juga merupakan energi yang didapatkan dari makanan dan minuman yang didapat dengan cara halal agar menjadikan hasilnya lebih berkah.

Dalam sebuah riwayat, Rasul pernah bersabda bahwa siapa pun yang mendapatkan harta dari sumber yang haram kemudian digunakan untuk bersedekah, maka amalnya tersebut tidak akan dihitung melainkan justru akan dicampakkan ke api neraka.

Tips bersedekah agar tepat sasaran
Dalam beberapa riyawat, keutamaan bersedekah selain dapat menghapus dosa, kita yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir dan melipatgandakan pahala tanpa mengurangi jumlah harta yang disedekahkan.

Sebagai bagian dari upaya memahami pengertian sedekah, pemberian barang atau apa pun itu harus dilakukan secara ikhlas dan tepat sasaran. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita pedomani:

  1. Sedekah hendaknya dilakukan tanpa sepengetahuan orang lain agar tidak dianggap riya. Riya adalah perbuatan yang didasari niat memamerkan dan ingin mendapat pujian.
  2. Sedekah dianjurkan diberikan kepada orang-orang terdekat atau yang berada di lingkungan kita. Hal ini tentu bermaksud untuk membantu orang terdekat dahulu berdasarkan skala prioritas.
  3. Sedekah bisa diberikan dalam bentuk bantuan produktif sehingga lebih bermanfaat dan punya efek memberdayakan orang lain.
  4. Sedekah bisa dari inisiatif sendiri atau atas permintaan orang lain tanpa meminta bayaran sekalipun.
  5. Sedekah bisa dilakukan secara rutin setiap hari atau setiap minggu, misalnya saat jumatan atau setiap sebulan sekali, di luar zakat yang dibayarkan.
  6. Sedekah bisa berupa barang atau makanan yang diberikan secara cuma-cuma dengan konsep membantu seorang musafir dan orang-orang dhuafa, seperti nasi bungkus gratis, dll.

Ingat #kawanaksi islam tidak mewajibkan sedekah melainkan sunnah, bila mana dia mengerjakanya maka mendapat pahala dan Allah akan membalanya dengan melipatkan apa yang #kawanaksi berikan. Islam sangat memudahkan umatnya yang ingin bersedekah dengan cara apa pun yang disanggupinya mulai dari hal terkecil sekalipun seperti menyingkirkan duri, paku, atau batu dari tengah jalan agar tidak melukai atau membahayakan orang lain.

Sedekah kini bisa disalurkan kepada lembaga-lembaga tepercaya dengan berbagai cara, termasuk menggunakan aplikasi maupun layanan crowdfunnding dengan mudah.

DONASI

Related Articles

Back to top button