Pendidikan

Alasan Utama bagi Umat Islam Tidak Bosan Mencari Ilmu

Ilmu merupakan salah satu tanda dari manfaat yang dimiliki oleh diri seseorang. Dengan selalu berupaya menuntut ilmu memiliki makna bahwa kita juga tengah berjihad. Ya, jihad dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ilmu menjadi salah satu sarana berjihad yang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh hampir setiap orang. Inilah sebabnya umat Islam dianjurkan untuk tidak bosan mencari ilmu. Bukan tanpa alasan, pasalnya kebodohan yang merebak atau bahkan orang yang merasa biasa saja dengan kebodohannya menjadi salah satu tanda dari dekatnya hari Kiamat.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu ia berkata bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Sesungguhnya di antara tanda-tanda kiamat adalah sedikitnya ilmu dan merebaknya kebodohan, perzinaan secara terang-terangan, jumlah perempuan yang lebih banyak dan sedikitnya laki-laki, sampai-sampai (perbandingannya) lima puluh perempuan sama dengan hanya satu orang laki-laki.” (HR. Bukhari)

Hadist di atas menjelaskan tentang bahaya apa bila umat Islam berhenti mencari ilmu. Ilmu sejatinya bukan sekedar cerminan dari kemampuan dasar yang dimiliki oleh seseorang. Ilmu juga cara yang dianggap mulia untuk membentengi diri dari perbuatan maksiat. Dengan pemahaman ilmu yang baik, umat Islam dapat menentukan pilihan yang tepat bagi diri dan kehidupannya. Tak hanya itu, memiliki latar belakang ilmu terutama yang berhubungan dengan agama dapat menjaga diri kita dari hal-hal yang mengandung dosa.

Sebaliknya, tatkala ilmu berhenti dicari sementara kebodohan didiamkan maka kita perlu benar-benar waspada. Kebodohan yang merebak sejatinya menjadi salah satu tanda dari datangnya hari Kiamat. Tentu saja, hari Kiamat adalah hari hancurnya dunia. Tidak akan ada yang dapat membayangkan kekacauan yang terjadi saat itu. Salah satu penyebab dari kekacauan tersebut adalah akibat ilmu yang hilang. Tanpa ilmu yang bermanfaat, setiap orang dapat melakukan perbuatan dosa tanpa berpikir panjang. Inilah mengapa kita dianjurkan untuk tidak bosan mencari ilmu yang bermanfaat.

Related Articles

Back to top button